logo dicampus

Sebanyak 600 Peserta UTBK 2020 di ITS Dinyatakan Gagal, kenapa ya?

30 Jul 2020, ditulis oleh Ade Rizki Wahyudi

Sebanyak 600 Peserta UTBK 2020 di ITS Dinyatakan Gagal, kenapa ya?

Sebanyak 600 peserta UTBK di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya dinyatakan gugur dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mengapa bisa terjadi?

"Tahap pertama terdapat 564 peserta dengan 119 di antaranya reaktif, sedangkan untuk tahap kedua ini terdapat 600 peserta yang tidak mengikuti ujian dikarenakan adanya beberapa faktor antara lain, karena reaktif hasil rapid test-nya dan alasan yang tidak diketahui," kata Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah di Surabaya, Minggu, 26 Juli 2020, dikutip dari Antara.

Machmudah menyebutkan Untuk peserta UTBK yang tidak mengikuti tahap kedua ini dinyatakan gugur termasuk yang dinyatakan reaktif. Karena belum ada prosedur relokasi pemindahan jadwal ujian dari pusat.

Jumlah total peserta UTBK yang mengikuti ujian di ITS sebanyak 13.980 peserta.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Adi Soeprijanto mengklaim ITS juga sudah memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik. Mulai dari penyediaan tes cepat gratis bagi peserta, pengecekan kondisi kesehatan panitia dan pengawas dengan tes cepat, penyediaan masker dan sarung tangan bagi peserta yang tidak membawa.

ITS melalui keputusan panitia pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan memberi kesempatan bagi 119 peserta yang reaktif di tahap pertama untuk mengikuti ujian pada tahap ketiga. Ujian tersebut akan dilaksanakan pada 30 Juli 2020 bertempat di kampus ITS.