logo dicampus

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020

30 Jul 2020, ditulis oleh Ade Rizki Wahyudi

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020

Bagi seorang siswa yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) pastinya langsung berpikir apa yang harus mereka lakukan setelah kelulusan tersebut. Tidak sedikit yang memutusakan untuk langsung bekerja dan bahkan sudah ingin membangun rumah tangga.

Namun, tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu masuk ke dunia perkuliahan. Apakah kalian masuk ke tipe orang seperti ini? Namun, apakah kalian sudah tau bagaimana cara masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ?

Terdapat beberapa jalur untuk mendaftar dan masuk ke dunia perkuliahan, silakan simak informasi berikut.

JALUR SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan melalui nilai rapot yang didapatkan semasa sekolah. Jalur ini tidak perlu melakukan TES. Selain itu prestasi yang kalian dapatkan sewaktu sekolah menjadi nilai plus jika mengikuti seleksi SNMPTN ini.

Jalur ini biasa nya dibuka pertama kali oleh PTN dan hanya siswa berprestasi di sekolah saja yang bisa mengikuti jalur ini.

Nah buat kalian yang merasa berprestasi di sekolah, silakan mengikuti jalur ini. Dengan mengikuti jalur ini kalian hanya menyiapkan data yang diminta dan serahkan ke pihak sekolah. Setelah pihak sekolah memproses data yang diminta, kalian hanya diminta untuk menunggu hasil pengumuman.

JALUR SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi melalui TES Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jalur ini dapat diikuti oleh seluruh siswa di sekolah. 

Jalur ini biasanya dibuka setelah jalur SNMPTN. Namun untuk siswa yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN tidak dapat lagi mengikuti jalur SBMPTN.

Jalur SBMPTN hanya diperuntukan bagi siswa yang lulus SMA / Sederajat 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, dihitung mulai dari tahun ini.

JALUR MANDIRI

Jalur mandiri adalah jalur yang dilaksanakan tersendiri oleh Perguruan Tinggi Negeri. Jadi untuk jalur ini tidak memiliki waktu yang pasti, kalian bisa mengecek informasi yang tertera di situs laman web PTN apakah jalur mandiri sudah dibuka atau belum. 

Jalur ini terbagi menjadi dua, yaitu Jalur melalui Ujian Tertulis atau menggunakan nilai UTBK yang sudah kalian dapatkan saat mengikuti SBMPTN. Semua kebijakan kembali lagi ke Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Kalian juga bisa melihat informasi jalur mandiri melalui instagram @dicampus.id.